Kamis, 26 Februari 2009

Pengelolaan Limbah Ternak (feces) Sapi dengan Menggunakan EM-4 dan Stardec

Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam perencanaan usaha peternakan khususnya ternak sapi adalah lingkungan hidup utamanya dalam hal pengelolaan limbah. Limbah kandang terutama feces dan urine merupakan masalah yang paling penting karena merupakan sumber pencemaran lingkungan yang paling dominan diareal peternakan sapi. dalam upaya sanitasi kandang, sistem pembangunan kotoran ternak memerlukan konstruksi khusus supaya kotoran tersebut dapat dikelola dengan baik dan dapat dimanfaatkan dalam bentuk pupuk organik agar tercipta lingkungan yang sehat


Berdasarkan hal tersebut, maka perlu penerapan suatu teknologi tepat guna seperti penanganan limbah ternak untuk pupuk organik dengan metode EM-4(Efektive Mikroorganisme 4) dan stardec. pembuatan kompos dengan menggunakan EM-4 dan Stardec, pada hakekatnya merupakan bahan-bahan organik dan membiarkannya terurai menjadi bahan-bahan yang mempunyai perbandingan C/N yang rendah sebelum digunakan sebagai pupuk.
Efektive Organisme 4 (EM-4) merupakan larutan berisi mikroorganisme fermentasi yang bekerja secara efektif dalam memfermentasikan bahan organik dalam kondisi Aerob sehingga dapat mempercepat proses pengomposan dan menambah unsur hara tanah sedangkan stardec merupakan bubuk yang mengandung mikroba yang dapat mengurai bahan organik menjadi kompos.
Adapun hasil yang diperoleh setelah menggunakn kedua jenis ini untuk pembuatan kompos adalah sebagai berikut:
a. Hasil pengomposan dengan menggunakan EM-4 adalah waktu yang diperlukan dalam pembuatan kompos lebih cepat dan berwarna merah kecoklatan, baunya tidak tajam, tidak lengket ditangan dan berwarna merah kehitaman dengan kandungan zat haranya adalah Nitrogen (N) 1,72%, Karbon (C) 5,52%, fosfor (P2O5) 2,21%, Kalium (K2O) 1,62% dan C/N 3,2%.
b. Hasil pengomposan dengan menggunakan stardec dicirikan dengan warna hijau kecoklatan, strukturnya tidak menggumpal jika dipegang, baunya tidak menyengat, suhunya cenderung hangat dan lambat laun menjadi dingin. kandungan zat haranya adalah kelembaban 65%, Nitrogen (N) 1,90%, Karbon (C) 40,9%, Fosfor 1,89%, Kalium 1,96% dan C/N 21,5%.

9 komentar:

gwgw mengatakan...

pertamaxxx....cieeeyyy...
ma kacih mo mampir mas, jgn bosen-2 ya, thx

cenya95 mengatakan...

manthab... infonya...
thanx
mo cari peternakan sapi duyu ach...

suryaden mengatakan...

wuah.. kalo ini pelajaran berat buat saya..
tapi asik juga, thanks

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kalo ternak blog? bahas juga dong. he he he..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tinggal ke www.shoutmix.com aja
page rank saya gak pernah buat deh.gak ada di blog aku.

Rudi Halim mengatakan...

Nah lo ini dia, gw mesti nemuin juragan Asep dikampung biar " limbah / eek sapi" nya ga bikin idung keki, tank's Sob

trancepass mengatakan...

Thanks for passing by and dorpping a message on my bloq.
anyway, aku suka peternakan and ingin berwirausaha di ayam pedaging. tapi aku bukan lulusan fakultas peternakan jadi perlu masukan banyak n berharap blog ini bisa jadi salah satu rujukan. Oh ya, tolong bantu kasi inof rujukan di internet mengenai ayam pedaging, dong. Thanks.

keep blogging...
MO

Quinie mengatakan...

huahahaha... bener juga kata M'fanny, bahas juga dong kalo mo beternak blog..xixixi
btw, stardec ntu apa?

1rcHaMdy mengatakan...

q skarang di PALU... Knp?

Posting Komentar

Visit :Quick Access Business|Cinema 31